Selasa, 14 Oktober 2014

Pendidikan Untuk Remaja

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk kita semua. Dari mulai anak- anak sampai dewasa pun kita masih membutuhkan pendidikan dan pembelajaran yang benar. Kali ini saya akan membahas tentang pendidikan untuk kalangan remaja. Remaja saat ini memang berbeda dengan remaja pada masa- masa sebelumnya, hal ini karena berkembangnya jaman yang semakin modern.

Dengan berkembangnya jaman yang semakin modern, maka remaja saat ini pun lebih banyak mengetahui dunia luar dan teknologi dibanding dengan orang tuanya sendiri. Namun demikian bukan berarti orang tua bisa membiarkan remaja begitu saja tanpa adanya bimbingan dan pengawasan yang benar.



Peran orang tua dan guru sangat penting dan dibutuhkan untuk membentuk remaja yang baik dan mandiri. Dalam hal ini pendidikan sekolah pun harus diutamakan. Sekolah memang pendidikan yang wajib bagi semua anak di Indonesia. Dengan adanya pendidikan, maka anak akan lebih mengasah kemampuannya dan juga bakatnya.

Begitu pula bagi anak yang mulai tumbuh dewasa atau yang disebut masa remaja, usia ini antara smp sampai sma. Masa remaja memang rentan akan permasalahan di kehidupan mereka hal ini karena emosi mereka yang labil dan keingin tahuan mereka yang sangat besar. Sebagai guru dan orang tua, harus bisa memberikan pendidikan yang baik bagi anak- anak remaja saat ini, jangan sampai remaja itu berkembang menjadi remaja yang nakal dan malah membawa hal buruk dan negatif terhadap teman- temannya.

Selain pendidikan sekolah, remaja juga bisa dididik melalui kursus atau les privat, hal ini juga berguna untuk mengasah bakat dan kemampuan mereka. Dan juga dengan adanya kesibukan lain, maka remaja tidak akan terlalu fokus pada hal- hal negatif yang ada di sekitarnya. Khususnya pergaulan mereka dengan teman- temannya.

Pergaulan yang tidak baik akan berdampak buruk terhadap remaja saat ini. Jika remaja tersebut tidak diberikan pondasi yang baik dan kokoh, maka dia akan mudah terbawa pergaulan yang buruk. Pondasi yang baik itu adalah pendidikan dari dalam yaitu dari orang tua mereka. Orang tua mereka adalah guru pertama untuk mereka. Remaja  itu harus sedari kecil diajarkan bagaimana caranya mempunyai sikp dan sifat yang positif, dan diajarkan bagaimana cara mengatasi suatu problem jika suatu saat nanti mereka remaja, mereka akan bisa mengatasi permasalahannya dengan baik tanpa harus lari ke hal- hal negatif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar