Selasa, 28 Oktober 2014

Mengajarkan Anak Untuk Berbicara Sopan

Di jaman sekarang ini, banyak tayangan di televisii yang sudah tidak layak untuk di tonton oleh anak- anak. Banyak adegan percintaan, kekerasan bahkan hal- hal yang tidak boleh dilakukan oleh anak- anak. Sekarang ini kita sering melihat anak- anak kita yang berbicara seenaknya dan juga menggunakan bahasa binatang lebih tepatnya menggunakan bahasa yang kasar yang seharusnya tidak diucapkan oleh anak- anak.

Kejadian ini sering terjadi, bahkan di lingkungan tempat tinggal kita sendiri. Pergaulan anak semakin luas, jika salah bergaul maka sang anak bisa saja terbawa dan terpengaruh oleh pergaulan yang buruk. Misalnya saat dia berteman dengan anak- anak yang selalu berbicara kasar dan tidak sopan, lama kelamaan anakk itu malah meniru teman- temannya. Tentu hal ini tidak baik dan sangat disayangkan. Jangankan di lingkungan rumah, di lingkungan sekolah juga sering kita dapati anak- anak yang berbicara menggunakan bahasa yang kasar.


Untuk mencegahnya tentu saja dibutuhkan kerja keras dari para orang tua. Sebagai orang tua, kita harus membiasakan anak- anak kita sedari dini untuk berbicara menggunakan bahasa yang baik dan juga sopan. Kita harus mendidiknya sebaik mungkin dan dari saat dia masih berumur sangat dini, karena pendidikan yang paling dasar itu biasanya terus menerap pada diri anak sampai dia dewasa nanti.

Kalau pun ada kejadian yang anak- anaknya sudah terlanjur berbicara kasar, maka kita sebgai orang tua harus bisa mendidiknya kembali. Kita gunakan cara yang baik untuk mengajarkan anak- anak kita jika berbicara kasar itu tidak baik dan tidak terpuji. Pelajaran tentang sikap terpuji pasti dipelajari di sekolah dasar sebagai pendidikan dasr sikap seorang anak kepada orang lain.
Orang tua dan guru harus sebisa mungkin mendidik anak- anaknya agar mereka tidak lagi mengucapkan kata- kata kasar, dan juga orang tua harus bisa menjaga pergaulan mereka. Anak- anak seharusnya bisa bergaul dengan lingkungan yang baik agar mereka juga ikut terbawa ke dalam sikap yang baik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar