Selasa, 14 Oktober 2014

Menjaga Kebersihan Kelas

Kebersihan adalah sebagian dari iman. Tentu saja karena bersih itu indah, ruangan sekecil apapun jika terlihat bersih maka ruangan itu pun akan terlihat indah dan terasa nyaman. Menjaga kebersihan merupakan tugas kita semua. Baik kebersihan di rumah, sekolah mapun tempat umum. Kali ini kita akan membahas tentang menjaga kebersihan di sekolah tepatnya di kelas kita.
Untuk kalian yang masih berstatus pelajar ataupun masih sekolah, tentunnya kalian pasti akan sering menerima yang namanya tugas piket bersih- bersih di kelas. Menyenangkan bukan bila kita belajar dengan kelas yang bersih dan wangi. Hal itu bisa membuat kita lebih berkonsentrasi terhadap pelajaran kita.

Menjaga kebersihan kelas bisa dimulai dengan menyapu ruangan kelas itu, dari mulai ujung meja dan kursi paling belakang sampai ke meja dan kursi tempat guru di paling depan. Tentunya tidak hanya cukup dengan menyapu kelas, tapi bisa juga dengan mengepel lantai kelas itu. Mengepel lantai kelas dengan menggunakan pewangi bisa membuat kelas lebih terasa nyaman dan wangi. Tentu karena lantai menjadi putih bersih. Selain itu juga jendela di setiap kelas pun harus sering di lap dan dibersihkan dari noda- noda dan juga debu. Kadang hal ini juga luput dari pembersihan yang dilakukan para siswa.


Selain itu membersihkan lemarii yang ada pada kelas pun sangat diharuskan. Arena lemari merupakan salah satu tempat untuk menyimpan buku- buku pelajaran para siswa. Hal terpenting dalam menjaga kebersihan kelas juga, janganlah kita dibiasakan untuk membuang sampah sembarangan, seperti membuang sampah di kolong meja. Tentu saja hal ini sangat tidak baik, karena kolong meja itu tempat untuk menyimpan buku kita bukan tempat untuk menyembunyikan sampah kita. Selain menimbulkan bau tak sedap, membuang sampah sembarangan juga bisa menimbulkan penyakit. Apalagi bila membuangnya di kolong meja. Selain bau kelas pun akan terasa tidak nyaman.
Kesadaran akan kebersihan di kelas harus dibiasakan sejak dini. Dibiasakan untuk selalu membuang sampah pada tempatnya dan tidak mencorat- coret tembok kelas juga merupakan salah satu upaya pembersihan kelas. Jika kelas bersih, belajar pun akan semakin nyaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar