Rabu, 05 November 2014

Pengaruh Negatif Gadget Terhadap Remaja

Di jaman yang sudah berkembang ini banyak anak – anak yang sedari kecil sudah mengetahui tentang gadget. Banyak anak- anak sekolah dasar yang membawa smartphone yang harganya juga lumayan tinggi. Perkembangan gadget saat ini memang semakin lama semakin modern. Banyak smartphone keluaran terbaru yang memiliki aplikasi lebih banyak dan lebih lengkap.

Gadget atau salah satunya smartphone itu juga memiliki pengaruh negatif terhadap anak- anak sekolah, terutama remaja. Banyak sekarang ini aplikasi internet yang mudah di dapatkan dalam smartphone, tidak hanya situs media sosial, namun aplikasi untuk mendownload berbagai aplikasi juga sangat banyak dan beragam. Salah satu dampak negatif dari gadget adalah, kebanyakan remaja akan lupa waktu karena menghabiskan waktunya lebih banyak untuk chatting dengan teman- teman  barunya lewat situs pertemanan yang ada pada smartphone.



Selain itu, banyak juga remaja sekarang yang menyalahgunakan gadget atau smartphone, misalnya ada beberapa anak remaja yang menggunakannya untuk mendownload video- video yang tidak baik untuk di lihat remaja. Hal ini juga sangat mengganggu perkembangan remaja untuk ke depannya. Sekarang ini juga di setiap sekolah sering di adakan razia untuk smartphone anak- anak di sekolahnya. Para guru satu persatu memeriksa isi dari smartphone murid- murid mereka, banyak kasus pelecehan yang dilakukan remaja yang di akibatkan karena seringnya menonton video untuk dewasa, salah satu fasilitasnya yang paling mudah dan bisa kita akses kapan saja adalah melalui smartphone. Dimana dan kapan saja, mudah untuk kita melihat situs- situs yang tidak baik, hanya dalam waktu 1 menit, hal- hal yang ingin kita ketahui saat itu juga bisa kita lihat.

Smartphone harusnya digunakan untuk hal- hal yang bermanfaat dan untuk pengetahuan mereka, banyak manfaat positif yang dapat kita terima dari smartphone, hal ini harus diterapkan pada kehidupan para remaja. Agar remaja sekarang tidak menjadi remaja dengan perilaku yang buruk akibat menyalahgunakan fasilitas yang seharusnya diciptakan untuk mempermudah kehidupan manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar